Minggu, 31 Maret 2013

PERBAIKAN SARANA PENDUKUNG DI RSUD ARGA MAKMUR

By. Hijranita, SKM.,M.Si




Tahun 2013 adalah tahun ke 3 RSUD Arga Makmur dalam melakukan pembenahan-pembenahan dalam banyak hal. Mewujudkan VISI RSUD ARGA MAKMUR yaitu “Terwujudnya BLUD RSUD Arga Makmur yang Mandiri, Terpercaya dan Berkeadilan dalam Pelayanan adalah  sebuah Keharusan.

Menjadi terpercaya dan berkeadilan dalam pelayanan tak lah mudah diwujudkan, bila tidak didukung semua pihak yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, terutama dari seluruh karyawan yang bertugas di RSUD Arga Makmur.

Keluhan masyarakat yang berkunjung ke RSUD Arga Makmur mengenai banyak hal, seperti AC (air conditioning) yang tidak dingin di ruang-ruang perawatan, terutama di ruang VVIP, kondisi kamar mandi dan WC yang selalu kotor dan banyak hal lain yang bukan hanya menjadi keluhan masyarakat, tetapi juga menjadi keluhan dan beban bagi teman-teman yang bertugas di ruangan-ruangan perawatan dan ruangan-ruangan tindakan seperti kamar operasi, laboratorium dan lain-lain.
Anggaran, dana, pendapatan, dan apapun bunyinya, seperti halnya seseorang yang menggunakan kain sarung yang pendek. Pada saat sarung tersebut ditarik ke arah kepala, maka kakilah yang tidak tertutupi, dan sebaliknya, pada saat sarung tersebut ditarik ke bawah, maka kepala yang tidak tertutupi.

Mengutip sedikit teori ekonomi, “bagaimana mengoptimalkan Sumber Daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang tidak pernah terbatas”.
Pada tahun 2012 yang lalu, dengan anggaran yang sangat terbatas, RSUD Arga Makmur berusaha membangun beberapa sarana yang dibutuhkan, terdiri dari:
1.      Pembangunan Gedung IGD beserta peralatan medis. ini merupakan alokasi DAK Bidang Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, dimana berdasarkan menu DAK Kesehatan Rujukan, RSUD Arga Makmur telah memasuki menu dak yang ke 3. 
Menu DAK Bidang Kesehatan Rujukan yang telah dilaksanakan di RSUD Arga Makmur berdasarkan Juknis yang ada meliputi:

a.        Pembangunan Sarana PONEK, RSUD Arga Makmur mendapatkan alokasi untuk Ponek ini pada tahun 2009.
b.        Pembangunan Gedung Kelas III dan Set Tempat Tidur, RSUD Arga Makmur mendapatkan alokasi untuk Gedung Kelas III dan Set Tempat Tidur ini pada tahun 2011.
c.         Pembangunan Sarana Gedung IGD, RSUD Arga Makmur mendapatkan alokasi untuk IGD ini pada tahun 2012, dan
d.        Pembangunan Gedung ICU, alokasi dana ini didapatkan RSUD Arga Makmur pada tahun 2013.
2.      Pelaksanaan Rehab Gedung Fisiotherapi
3.      Pelaksanaan Rehab Bangunan VIP
4.      Dan pelaksanaan tahapan I (tahap persiapan) perbaikan jaringan listrik di RS
5.      Selain itu dilaksanakan upaya-upaya peningkatan kemampuan SDM yang ada dengan melaksanakan banyak Bimtek dan pelatihan-pelatihan seperti mengirim tenaga dokter, tenaga perawat dan manajemen RS untuk mengikuti Bimtek Tehnis maupun administrasi, contoh: Pelaksanaan Pelatihan Penanggulangan Bencana di RS, Pelatihan Peningkatan Kepribadian yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Corient Centre, Diklat PPGD yang diikuti 40 orang perawat RS, dan masih banyak lagi diklat-diklat yang telah diikuti oleh SDM di RS.

Pada tahun 2013 ini, pihak RSUD Arga Makmur mencoba meminimalkan keluhan masyarakat akan buruknya sarana yang ada. Hal tersebut ditandai dengan diusulkannya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Bengkulu Utara untuk pelaksanaan :

a.      Perbaikan Jaringan Listrik terpadu di RS tahap ke II (dari III tahap), dengan terlaksananya perbaikan jaringan listrik ini, maka keluhan akan AC dan tidak berfungsinya peralatan lain secara maksimal di RS tidak lagi terjadi. Jadi selama ini yang menjadi masalah bukan lah AC-nya melainkan arus listrik yang mengalir untuk menghidupkan AC tersebut tidak mencukupi arus yang dibutuhkan oleh AC-AC tersebut. Perbaikan jaringan listrik ini terlebih dahulu dimulai dengan melaksanakan survei bersama antara Bappeda, Konsuil Listrik, Tim Tehnis dari Pemkab BU dan Subbagian Perencanaan RS yang terjun langsung ke semua titik untuk melihat kondisi yang ada dan langsung menyusun titik-titik perbaikan dan menentukan berapa jumlah kebutuhan listrik di setiap ruangan dengan memperhitungkan sarana apa saja di dalam setiap ruangan/instalasi.
b.      Pembuatan Sumur Bor untuk antisipasi kebutuhan Air yang tidak dapat terpenuhi dari sumber air PDAM
c.      Perbaikan Gedung VIP lanjutan,
d.     Perbaikan Gedung Isolasi RS
e.      Penambahan sarana di Gedung VVIP
f.       Perbaikan WC di beberapa ruangan
g.      Pemasangan Tabung Pemadam Kebakaran di beberapa titik rawan,
h.     Penyediaan material untuk pelaksanaan pemeliharaan rutin bangunan dan jaringan,
i.        Pemenuhan sarana Ruang Kerja Komite Medis,
j.       Dan beberapa kegiatan lainnya yang diharapkan akan bernilai positif bagi pelaksanaan pelayanan kesehatan di RS

Namun demikian, sarana tetaplah sarana, yang menjadi fokus utama dari keseluruhan perubahan adalah kemampuan SDM yang ada. Tanpa adanya itikad baik dari seluruh karyawan di RS untuk mencintai dan berusaha bahu membahu mewujudkan RSUD Arga Makmur menjadi RS yang dicintai dan diinginkan oleh masyarakat, maka sebanyak apapun anggaran yang tersedia, tetap tidak akan menghasilkan apapun kecuali keterpurakan.

Mari cintai RSUD Arga Makmur, RS kita, RS yang dibangun dari tetes keringat, darah dan air mata seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara.
Tak ada satu orang pun yang pantas berkata “bahwa RS menjadi baik karena aku” melainkan bahwa RS menjadi baik karena “Kita Bersama”

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda