Kamis, 13 Desember 2012

Pembangunan di RSUD Arga Makmur Tahun 2012 Lanjutan




By. Hijranita, SKM.,M.Si
  • Pemasangan Instalasi Billing System. Jaringan ini sangat berguna untuk mengelola data keuangan di RSUD Arga Makmur yang sejak tanggal 24 Mei 2009 sudah resmi berbentuk BLUD dengan Status BLUD Penuh. Dengan billing system ini dharapkan seluruh data kunjungan pasien dapat dimonitor dan diakses secara tepat, baik dari jumlah kunjunga, jenis pelayanan yang diberikan kepada pasien, obat yang diberikan dan juga biaya yang dibayar oleh pasien. Biaya sudah terprogram secara baik, sehingga tidak ada kemungkinan perbedaan biaya untuk sebuah tindakan yang sama. Dan dengan Billing System ini dharapkan efisiensi anggaran dan transparansi keuangan yang dikelola secara akuntabelpun dapat terwujud.
  • Absensi finger Print. Penggunaan absensi finger print ini dharapkan dapat berkontribusi kepada peningkatan kedisiplinan pegawai di RSUD Arga Makmur. Denagn membaiknya tingkat kedisiplinan karyawan di RSUD Arga Makmur, maka diharapkan akan memberikan kontribusi positive bagi peningkatan mutu pelayanan kesehatan di RSUD Arga Makmur.
  • Perbaikan Tahap I terhadap Instalasi Jaringan Listrik di RSUD Arga Makmur. Bahwa kondisi listrik di RSUD Arga Makmur selama ini sangatlah buruk, maka untuk memperbaiki mutu sistem penerangan dan mencegah tingkat kerusakan pada peralatan medis dan non medis, maka untuk tahap I sudah dilaksanakan perbaikan jaringan listrik rumah sakit. Memang perbaikan ini hanya mencakup perbaikan kurang lebih 10% dari perbaikan yang seharusnya, namun setelah diperbaiki, telah terlihat perbaikan mutu arus yang masuk ke RS. Diharapkan pada tahun 2013 akan dapat dilaksanan perbaikan sebesar 40% dari keseluruhan tahapan perbaikan hingga baik 100%.
  • Peningkatan Mutu SDM juga dilakasanakan dalam beberapa rangkaian Pelatihan, baik pelatihan yang berupa In House Training maupun mengirim petugas untuk mengikuti Pelatihan dan Diklat yang diadakan oleh Kementerian kesehatan. Beberapa pelatihan yang telah dilaksanakan adalah: melatih 50 orang tenaga untuk Peningkatan Keterampilan Tenaga Perawat dan Bidan dalam Pengedalian Infeksi Nasokomial, Pelatihan 200 orang tenaga RS untuk Penanggulangan Bencana di RS, Pelatihan 40 orang tenaga perawat dan bidan untuk Penanggulangan Kegawat Daruratan Pasien di RS, melatih 50 orang tenaga untuk Tindakan Peningkatan Keselamatan Pasien di RS. Dan untuk tenaga dokter, masing-masing dokter umum dan dokter spesialis dikirim secara berkala untuk mengikuti Diklat dan penyegaran Ilmu Kedokteran di Luar Propinsi. Dan Insya Allah minggu depan akan dilaksanakan Pelatihan Kepribadian dan Penampilan Diri untuk 40 orang tenaga perawat dan tenaga pendaftaran di RS
  • Telah bertugasnya 3 dokter spesialis yang terdiri dari Dokter THT, Dokter Neurologi dan DOkter Rehabilitasi Medik.
  • Telah diterimanya Alat Incenerator (Alat Pemusnah Sampah Medis) dari Kementerian Kesehatan yang akan dipasang minggu depan.
Bersambung......

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda